UPT. Bengkel ISI Denpasar Mengadakan Workshop Pembuatan dan Pelarasan Gamelan dari Kerawang

UPT. Bengkel ISI Denpasar Mengadakan Workshop Pembuatan dan Pelarasan Gamelan dari Kerawang

IMG_7780Kiriman: I Made Kartawan, S.Sn.,M.Si., M.A

UPT. Bengkel Peralatan Kesenian ISI Denpasar selama dua hari dari tanggal 19 – 20 November 2014 mengadakan Workshop Pembuatan dan Pelarasan Gamelan dari Kerawang. Pembukaan workshop berlangsung di gedung Citta Kelangen ISI Denpasar lantai 2 yang dibuka oleh Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Prof. Dr. I Nyoman Artayasa., M.Erg mewakili Rektor. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, Ketua Jurusan Karawitan dan para dosen Jurusan Karawitan ISI Denpasar.

Menurut Kepala UPT. Bengkel Peralatan Kesenian yang sekaligus sebagai Ketua Panitia, I Nyoman Sudiana, S.SKar., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 50 orang mahasiswa dan dosen Jurusan Karawitan ISI Denpasar. Pihaknya menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pembuatan dan pelarasan gamelan dari perunggu atau sering dikenal dengan kerawang, sehingga nantinya diharapkan mahasiswa dapat memahami dan dapat mengeimplementasikan pengetahuan yang didapat baik di lingkungan sendiri ataupun di tempat lain.

IMG_7902

Workshop pembuatan gamelan dari kerawang menghadirkan beberapa narasumber yaitu Jero Mangku Ir. I Wayan Pager, I Nyoman Sujana, I Made Sujana. Mereka adalah perajin gamelan dari Blahbatuh Gianyar.

Instruktur Jero Mangku Ir. I Wayan Pager memaparkan tahapan pembuatan gamelan dari kerawang yang meliputi: peleburan bahan, pencetakan, pembentukan, dan pelarasan. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa kepada narasumber. Sehingga workshop berlangsung sangat interaktif.

Usai pembukaan kemudian dilanjutakan di bengkel gamelan milik Jero Mangku Ir. I Wayan Pager, di Desa Blahbatuh Gianyar.

Suasana interaktif juga terjadi pada saat praktek di bengkel gamelan milik Jero Mangku Ir. I Wayan Pager. Mahasiwa mempraktekkan beberapa tahapan dalam pembuatan gamelan. Kesan mereka bahwa kegiatan seperti ini dapat dilakukan lebih banyak lagi.

Comments are closed.