UPT Perpustakaan ISI Denpasar Berbenah, Tingkatkan Kualitas Sarana dan SDM

UPT Perpustakaan ISI Denpasar Berbenah, Tingkatkan Kualitas Sarana dan SDM

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sebagai institusi seni ternama di Bali, terus mengupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta kualitas sarana, prasarana perpustakaan. Pasalnya perpustakaan menjadi salah satu ‘organ vital’ sebuah lembaga pendidikan. 

Untuk mengimplementasikan target tersebut, tahun ini, UPT Perpustakaan ISI Denpasar kembali menyelenggarakan pelatihan yang diikuti seluruh staff perpustakaan dan diisi oleh ahli IT, Ida Ayu Putu Pebri Imawati, S.Kom, M.T. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, dimulai Senin (30/7) lalu, diawali dengan pengadaan koleksi perpustakaan, dan pemuktahiran slim senayan. 

Kasubag TU UPT Perpustakaan ISI Denpasar, Made Darmiyasa, S.Sos., mengatakan, kegiatan ini memberi informasi dan pelatihan bagi staff tentang sistem terbaru mengelola perpustakaan. Salah satu sistem terbaru, UPT Perpustakaan ISI Denpasar menuju sistem digital, dalam bentuk portal yang tergabung dengan perguruan tinggi seni seluruh Indonesia.

"Jadi dengan portal ini, pengguna bisa mengakses data pada perguruan tinggi seni lainnya di Indonesia, melalui ISI Denpasar," jelasnya didampingi Humas I Gede Eko Jaya Utama, SE., MM, Rabu (1/8), kemarin.

Ia juga berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.S.Kar., M.Hum, sebagai upaya penyegegaran SDM dan sistem terkini, sehingga perpustakaan ISI Denpasar sejajar dengan perpustakaan besar di Indonesia.

I Dewa Ketut Wicaksana, SSP., M.Hum., selaku Kepala UPT Perpustakaan ISI Denpasar mengaku mengapresiasi dan menyambut baik pelatihan tersebut. Terlebih seluruh jajarannya dengan antusias mengikutinya.

Kemajuan perpustakaan, lanjut dia, merupakan suatu keharusan yang tak bisa ditawar, jika ingin menghasilkan SDM berkualitas di lingkungan kampus. “Melalui penyediaan layanan dan koleksi yang lengkap, tentu kebutuhan referensi bagi civitas akademika kami akan terpenuhi,” katanya. 

Dewa Wicaksana berharap, kegiatan pelatihan bisa dilakukan berkesinambungan, untuk kemajuan perpustakaan ke depan. Kepada jajaran dan stafnya, ia berharap selalu inovatif, belajar dari pengalaman maupun pemaparan para nara sumber yang diundang.

Comments are closed.