Yoga Asana Manifestasi Alam Semesta Dalam Karya Cipta Fotografi Ekspresi

Nov 16, 2011 | Berita, Galeri

Berawal dari pengamatan dan sebagai praktisi yoga dan fotografi serta didukung pendidikan penulis di bidang fotografi, timbul ide untuk membuat karya foto ekspresi tentang yoga asana sebagai manifestasi alam semesta.

Penciptaan ini bertujuan untuk menampilkan bahwa pada setiap nama yang digunakan sebagai yoga asana diambil dari bagian dari alam semesta, sehingga yoga bukanlah sesuatu yang haram karena dianggap menyembah berhala.

Imaji-imaji yang telah direnungkan dan diterjemahkan ke dalam bentuk visual artistik melalui proses kreatif dengan menggunakan dua aspek fotografi, yaitu aspek ideasional dan aspek tataran teknikal. Adapun pijakan yang digunakan dalam mewujudkan karya, yaitu dengan menggunakan daya ungkap fotografi ekspresi, sehingga menghasilkan konstruksi yang baru berupa pemaknaan foto surealis sebagai hasil dari fantasi tema yoga asana.

Penciptaan karya fotografi ini diperlukan pemahaman dari setiap karakter asana pada yoga. seperti, bentuk, posisi, dan arti dari setiap yoga asana. Karya yang diciptakan tidak hanya berbentuk visual semata, tetapi memiliki makna yang dapat mengingatkan sejatinya manusia adalah bagian dari alam semesta.

Kata Kunci :  Yoga, Asana, Manifestasi, Alam Semesta, dan Fotografi Ekspresi.

   

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...