Fulbright-Dikti Scholarship Programs

Fulbright-Dikti Scholarship Programs

Terkait dengan penyelenggaraan program Beasiswa S2/S3 Luar Negeri ke perguruan tinggi di Amerika Serikat, semenjak tahun 2009 Direkrorat Jenderal Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan lembaga AMINEF telah melakukan seleksi bersama (joint selection) bagi para dosen yang akan melanjutkan studi S2/S3 ke Amerika serikat. Program ini disebut Fulbright-Dikti Scholarship Program. Pada tahun 2009 yang lalu telah dilakukan seleksi bagi mereka yang akan diberangkatkan tahun 2010.
Untuk tahun 2010 ini, Dikti bekerjasama dengan lembaga AMINEF kembali akan melakukan seleksi bersama bagi mereka yang akan melanjutkan studi S2/S3 ke perguruan tinggi di Amerika Serikat, dan akan diberangkatkan pada tahun 2011. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  1. Melengkapi Aplikasi/Form terlampir. Form ini dapat juga didownload di website Aminef di www.aminef.or.id.
  2. Deskripsi tentang tujuan study (study objective) dan proposal penelitian (Research Proposal), ditulis dalam B. Inggris.
  3. GPA minimal 3.0 baik untuk program S1 atau S2.
  4. Nilai ITP-TOEFL (Institutional TOEFL) minimal sebesar 575 atau IELTS min. 6.5 untuk program S3 dan 550 atau IELTS 6.0 untuk program S2. Jika sudah memiliki International TOEFL/IELTS sangat diharapkan.
  5. Satu (1) buah surat rekomendasi dari perguruan tinggi atau dosen pembimbing terdahulu (dalam bahasa Inggris).
  6. Surat Ijin Rektor.
  7. Copy transkrip dan Ijasah yang telah diterjemahkan dalam B. Inggris
  8. Letter of Acceptance (LoA), jika sudah memiliki. Bagi yang belum memiliki, dapat mengirimkan referensi/informasi terkait dengan perguruan tinggi yang ingin dituju di Amerika Serikat.

Seluruh dokumen ini paling lambat kami terima pada tanggal 30 April 2010 pukul 16.00 WIB yang dikirimkan ke :
Direktorat Ketenagaan, Ditjen Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Gedung D Lantai 5
Jl. Jend. Sudirman, Pintu 1 Senayan – Jakarta 10002
*) Khusus Bagi mereka yang telah mengajukan lamaran beasiswa S2/S3 Luar Negeri Ditjen Dikti pada gel 3 dan 4 dan masuk dalam Lampiran 3, mohon dapat melengkapi kembali persyaratan yang diperlukan dalam aplikasi beasiswa Fulbright-Dikti diatas, diantaranya Form Aplikasi Fulbright-Dikti, Tujuan Studi, dan persyaratan lainnya yang diperlukan. Seluruh kelengkapan tersebut dapat diemail ke [email protected] atau fax ke 021-57946052 atau dikirim ke alamat Dit. Ketenagaan di atas dengan memberi keterangan “Kelengkapan Dokumen Gel 3 (4) Lampiran 3”.
Untuk itu, kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi ini kepada para dosen yang berada di lingkungan/wilayah perguruan tinggi yang Saudara pimpin.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terimakasih.
Direktur Ketenagaan,
ttd
Muchlas Samani
NIP. 130516386
Tembusan :
- Dirjen Dikti sebagai Laporan
- Kasubdit Pengembangan Ketenagaan, Dit. Ketenagaan

Sumber: http://ditnaga.dikti.go.id/ditnaga/opendoc.php?page=0&exp=0&id=412&date=2010-02-03%2019:21:30

Formulir

Comments are closed.