Hibah Seni Dari Yayasan Kelola

Hibah Seni Dari Yayasan Kelola

Tugas seniman sebagai pencipta seringkali tidak ditunjang oleh kemampuan financial untuk mementaskan karya mereka. Maka, tidak jarang mereka gagal mewujudkan gagasan ideal karyanya dalam sebuah pementasan.
Hibah Seni (HS) adalah program yang memberikan bantuan dana dalam jumlah terbatas untuk membantu terselenggaranya pementasan seni pertunjukan. Bantuan dana itu diberikan untuk mendukung dan mewujudkan keinginan seniman mementaskan karya mereka, membawa karya dari ruang latihan menuju ruang publik, dan mengkomunikasikan pesan dalam bentuk karya seni kepada khalayak luas.
Hingga saat ini HS memiliki dua jenis bantuan yaitu karya inovatif dan pentas keliling. Karya inovatif diberikan untuk karya seni pertunjukan baru yang mengedepankan unsur-unsur kebaruan dalam seni. Sedangkan pentas keliling untuk kesenian yang telah dipentaskan dan akan dicarikan penonton baru di kota-kota di luar komunitasnya. Dengan demikian, melalui pentas keliling diharapkan selain meluaskan cakupan penonton, juga terjadinya komunikasi antarkomunitas seni di berbagai kota, sehingga dapat memperkuat jaringan komunitas seni di Indonesia.
Setelah berjalan sejak tahun 2001, HS yang berharap tidak menjadi satu-satunya institusi pemberi bantuan untuk pertunjukan seni telah mendapatkan beberapa manfaat yang sangat berarti. Seniman muda di berbagai penjuru tanah air terus bermunculan. Mereka bukan saja yang bergelut dengan seni tradisi atau kontemporer belaka, melainkan mencari hubungan antara keduanya. Melalui karya yang ditampilkan, mereka merespon banyak hal yang terjadi dalam lingkungannya, sehingga dapat dikatakan seni pertunjukan menjadi ruang bagi penyampaian pendapat yang dilakukan oleh para seniman.
Hingga saat ini, peminat yang mengajukan proposal agar kegiatannya didukung oleh HS terus meningkat. Berbagai gagasan baru pun terus bermunculan. Hal ini terkadang membuat HS kesulitan melakukan seleksi karena kualitas yang hamper sama dan konteks pertunjukan yang sangat dekat dengan kenyataan. Untuk itu, HS selalu mengundang pakar dari luar untuk ikut dalam menentukan siapa saja yang akan mendapatkan bantuan dari HS.

Sumber: http://www.kelola.or.id/Program.asp?bhs=I

Formulir HS

Comments are closed.