ISI Denpasar Satu-Satunya PT. Seni Yang Masuk Webometrics

ISI Denpasar Satu-Satunya PT. Seni Yang Masuk Webometrics

Hal ini terungkap dalam Seminar sehari yang dilaksanakan oleh PT. Telkom Tbk tersebut bekerja sama dengan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VIII mengambil tema Road Show Smart Campus Telkom DBS “Enhancing Competitive Advantage Through ICT Development Towards a World Class University“ berlangsung di Hotel Nikki Bali pada hari Selasa tanggal 15 Maret 2011.

Seminar tersebut dihadiri sekitar + 85 peserta dari Sekolah dan Universitas Negeri dan Swasta se-Bali dan NTT. Adapun  Pembicara pada Seminar tersebut diantaranya adalah : Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta M.P, Ketua Aptikom Prof. Dr. Ir. Ricardus Eko Indrajit, Msc., MBA. Selain itu Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) dan Deputy Executive General Manager Telkom DBS Ir. Achmad Sugiarto, MM juga menjadi pembicara pada seminar sehari tersebut.

Dalam pembahasannya Bapak Eko yang menjadi salah satu pembicara pada seminar tersebut menegaskan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) dalam ICT adalah rodanya pendidikan karena kalau sumber daya manusianya  tidak memahami tentang perkembangan teknologi yang sedang berkembang maka pendidikan tidak akan mengalami kemajuan dan kita akan tertinggal jauh dari Negara lain. Kita sebagai orang tua tidak mungkin mengajarkan anak-anak kita seperti gaya dulu lagi karena anak-anak sekarang sudah pinter teknologi bahkan mungkin lebih pinter dari kita. Kata pak Eko’’. Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) yang menjabat sebagai Rektor Universitas Udayana juga mengatakan bahwa pentingnya teknologi yang mempermudah jaringan maupun akses antar Fakultas , Dosen maupun Mahasiswa, bahkan ke manca negara sekalipun. Terbukti dengan Universitas Udayana mampu meraih webometrics (Ranking Web of World University) yang merupakan salah satu ajang yang membuktikan bahwa universitas tersebut   diakui dunia. Selain UNUD, Institut Seni Indonesia Denpasar yang merupakan satu-satunya Institut yang berlatar belakang seni telah masuk juga dalam webometrics dengan mendapatkan peringkat di bawah UNUD sehingga Prof. Bakta sangat bangga dengan pencapaian ISI Denpasar yang mampu bersaing dengan Universitas lainnya yang berbeda latar belakangnya.

Pada seminar tersebut PT. Telkom juga menjabarkan program smart campusnya yang tertuang dalam SIA ( Sistem Informasi Akademik ) yaitu system informasi manajemen kampus yang berbasis web yang memungkinkan Perguruan Tinggi (Campus) melakukan administrasi terpadu dan terpusat sekaligus memberikan akses informasi yang transparan bagi stakeholder lain (orang tua dan masyarakat).Begitu banyak keunggulan dari Sistem Informasi Akademik ini diantaranya adalah : Solusi layanan terpadu system administrasi, Kompatibel dengan laporan DIKTI, Sistem Informasi berbasiskan Web (Web Based Information System), Dapat dikustominasi dan mudah diaplikasikan, Pengiriman laporan Mahasiswa melalui e-mail, SMS dan MMS, Kolaborasi kampus yang memiliki banyak cabang atau kolaborasi antar kampus yang berbeda secara online. Selain itu acara juga diisi dengan penandatanganan kesepakatan (MOU) antara sekolah maupun universitas yang menjalin kerjasama dengan PT. Telkom Tbk.

Comments are closed.