Pameran Air Sebagai Eksplorasi Karya Seni Rupa FSRD ISI Denpasar (Konfrensi Ke-3 SSEASR)

Pameran Air Sebagai Eksplorasi Karya Seni Rupa FSRD ISI Denpasar (Konfrensi Ke-3 SSEASR)

Air Kehidupan Karya I Wayan Gunawan

Air Kehidupan Karya I Wayan Gunawan (Seni Rupa Murni)

Denpasar- Air bagi kehidupan manusia, memberikan  manfaat dan makna yang tidak terbatas bagaikan wujud kasihNya. Bagi kehidupan berkesenian air telah banyak memberikan inspirasi, karena  wujud keindahan yang menyenangkan bagi setiap orang yang menyaksikannya. Akibat vibrasi sentuhan itu para seniman menimbulkan pengalaman estetis dan interfenetrasi mendalam, sehingga melahirkan inspirasi dan proses kreatif. Inspirasi dan proses kreatif sepanjang perjalana sejarah kesenian diekspresikan menjadi wujud-wujud gaya yang sangat beragam, itu artinya bahwa air bagaikan "ibu" sebagai "sumber pemberkat" keindahan bagi seniman. Oleh karena demikian menjaga, kelestarian dan kesucian air menjadi kewajiban yang sangat melekat bagi kita semua " kata Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A., selaku Rektor ISI Denpasar dan Ketua panitia (OC) ke-3 SSEASR.

Berkaitan dengan itu para dosen dan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar berupaya memamerkan karya-karyanya bertemakan air sebagai wujud kerjasama antara Institut Seni Indonesia Denpasar dengan Universitas Hindu Indonesia dengan SSEASR (South and Southeast Asian Association For the Study Culture and Religion) sebagai ajang kritik dan apresiasi dalam upaya mengenal air sebagai sumber kehidupan dan meningkatkan kualitas proses kreatif. Kegiatan pameran seperti yang sudah sepantasnya didukung oleh berbagai pihak terutama pemerhati seni.

Karena kegiatan berkesenian seperti ini, disamping mengapresiasim kualitas kesyahduan nilai estetik sebagai prestasi kreatif senimannya, tetapi juga rekaman berbagai peristiwa yang mencerminkan berbagai makna yang diekspresikan lewat air. Aktualisasi nilai-nilai universalitas yang selalu dikemas dengan kualitas inovasi kreatif ikon-ikon budaya dunia' kata Dra. I Made Rinu, M.Si., selaku dekan FSRD dan penanggungjawab pameran dengan tema air di Gedung pameran FSRD ISI Denpasar.

Perfect day karya Bina Isyawan (Fotografi)

Perfect day karya Bina Isyawan (Fotografi)

Pameran yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari seluruh jurusan di FSRD ini menampilkan karya fotografi seni, lukis, patung dan kriya. Sebanyak 26 dosen dan mahasiswa berpartisipasi dalam pameran bertaraf internasional ini. Persiapan pameran terutama di Program Studi Fotografi sebelumnya melakukan eksplorasi danau Batur Kintamani, Danau Buyan, danau Beratan dan dari berbagai sumber mata air di Bali yang seharusnya kita selamatkan dan wariskan kepada anak cucu kita, yang diolah dengan berbagai teknik fotografi sehingga menghasilkan karya imaging digital seni fotografi yang estetis, kata I Komang Arba Wirawan, S.Sn., M.Si., dosen, fotografer yang hobi hunting dengan mahasiswanya.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 3-6 Juni di Gedung Pameran FSRD ISI Denpasar merupakan turut mengsukseskan konfrensi ke-3 SSEASR di ISI Denpasar dan UNHI Denpasar, sebagai tuan rumah. Mahasiswa umum diundang untuk memberikan aspirasi terhadap karya dosen dan mahasiswa, terhadap kepedulian dan eksplorasi air menjadi karya seni rupa.

Tim Pameran FSRD ISI Denpasar

Comments are closed.