LAPORAN PKKBM 2015

LAPORAN PKKBM 2015

Yang Terhormat :

  1. Rektor ISI Denpasar
  2. Para Pembantu Rektor II,III, dan IV
  3. Dekan FSP
  4. Dekan FSRD
  5. Para Pembantu Dekan
  6. Ketua LP2M
  7. Para Kepala Biro
  8. Para Ketua dan Sekretaris Program Studi
  9. Panitia Penyelenggara
  10. Seluruh Mahasiswa Baru

Om Swastiastu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtra

Selamat Pagi

Mula pertama mari kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa /Ida Sang Hyang Widhi Wasa berkat asung waranugrahaNya kita dapat hadir di gedung Natya Mandala dalam keadaan sehat dalam  rangka menghadiri pembukaan Pengenalan  Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ISI Denpasar tahun akademik 2015-2016. Pada kesempatan ini ijinkan saya selaku Ketua Panitia melaporkan secara ringkas kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Denpasar Tahun 2015-2016 sebagai berikut :

Bapak Rektor dan undangan yang saya hormati,

  1. Kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2015-2016 dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Jalur Program Beasiswa Bidik Misi dan Jalur Seleksi Mandiri, penerimaan mahasiswa baru ini diawali mengadakan sosialisasi kepada masyarakat luas pada awal bulan Maret 2015 melalui pemasangan Baliho di tempat strategis, menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah, publikasi melalui media cetak, dan website ISI Denpasar.
  1. Penerimaan melalui Jalur Bidik Misi dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran secara online, dilakukan oleh siswa dan sekolah sesuai Pedoman Program Beasiswa Bidik Misi, sedangkan bagi yang kesulitan melamar secara online para pelamar dapat langsung melamar ke ISI Denpasar selanjutnya di input online oleh operator Sub Bagian Kemahasiswaan BAAKK. Pata tahun 2015 ISI Denpasar memperoleh alokasi sebanyak 150 orang. Alokasi beasiswa Bidik Misi didistribusikan ke 2 fakultas dan 12 program studi. Jumlah pendaftar sebanyak 205 orang terdiri atas yang melamar pada Fakultas Seni Pertunjukan FSP sebanyak 90 orang, diterima 70 orang dan yang melamar pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) sebanyak 115 orang diterima 80 orang. Bagi calon pelamar yang tidak LULUS diberikan kesempatan untuk melamar melalui Jalur Seleksi Mandiri.
  1. Penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Mandiri, dengan tahapan pendaftaran dimulai tanggal 8 Mei 12 Juni  2015, testing tertulis, wawancara dan bakat dilaksanakan selama 3 hari tanggal 29 Juni sd. 1  Juli 2015. Mahasiswa yang dinyatakan LULUS wajib mendaftar kembali dilakasanakan tanggal        29 Juli sd. 7 Agustus 2015. Jumlah pelamar 508 orang terdiri atas pelamar di FSP sebanyak  142 orang dan pelamar FSRD  sebanyak 366 orang. Jumlah mahasiswa yang dinyatakan lulus dan mendaftar kembali sebanyak 370 orang terdiri atas yang mendaftar kembali di FSP sebanyak 130 orang dan di FSRD sebanyak 240 orang termasuk program DKV non regular 42 orang.
  1. Jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui jalur seleksi Beasiswa Bidik Misi dan jalur Mandiri, terdaftar sebanyak 520 orang. Calon mahasiswa yang dinyatakan LULUS tetapi tidak mendaftar kembali sebanyak 29 orang terdiri atas tidak mendaftar kembali di FSP sebanyak 9 orang dan di FSRD sebanyak 20 orang. Secara umum pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru berjalan dengan lancar. Perkembangan penerimaan mahasiswa tahun 2015 dibandingkan dengan tahun 2014 sebagai berikut :  jumlah pelamar meningkat dari 695 orang menjadi 713 orang naik sebanyak 18 orang ( naik 3%), jumlah mahasiswa yang diterima menurun dari 601 orang menjadi 520 orang turun 81 orang (turun 18         %) hal ini karena daya tampung di program studi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual diturunkan dan di beberapa program studi tidak mendaftar kembali.

Demikian laporan secara singkat ini yang dapat kami sampaikan, sebelum diakhiri saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik langsung maupun tidak langsung terlibat dalam penerimaan mahasiswa baru ISI Denpasar tahun 2015-2016, dan mohon maaf sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru ada hal-hal yang kurang berkenan.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan Saudara sekalian, saya akhiri dengan prama shanti

Om Shanti Shanti Shanti Om….

 

Pembantu Rektor I

Prof. Dr. I Nyoman Arta Yasa, M.Kes

Yang Terhormat :

  1. Rektor ISI Denpasar
  2. Para Pembantu Rektor II,III, dan IV
  3. Dekan FSP
  4. Dekan FSRD
  5. Para Pembantu Dekan
  6. Ketua LP2M
  7. Para Kepala Biro
  8. Para Ketua dan Sekretaris Program Studi
  9. Panitia Penyelenggara
  10. Seluruh Mahasiswa Baru

 

Om Swastiastu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtra

Selamat Pagi

Mula pertama mari kita tidak henti-hentinya memanjatkan puja pangastuti  kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa /Ida Sang Hyang Widhi Wasa berkat asung waranugrahaNya kita dapat hadir di gedung Natya Mandala dalam keadaan sehat  dalam  rangka menghadiri pembukaan Pengenalan  Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ISI Denpasar tahun akademik 2015-2016. Pada kesempatan ini ijinkan saya selaku Ketua Panitia melaporkan secara ringkas kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ISI Denpasar Tahun 2015-2016 sebagai berikut :

Bapak Rektor dan undangan yang terhormat,

  1. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ISI Denpasar Tahun 2015-2016 diselenggarakan perpedoman pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Nomor 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 tanggal 22 Juli 2015. Dalam SE tersebut disebutkan bahwa PKKMB adalah merupakan program institusi bukan program kemahasiswaan,karena itu menjadi tanggung jawab Pimpinan Perguruan Tinggi, peenyelenggaraan PKKMB fokus kepada pendewasaan dan pembelajaran, tertib dan tidak ada kekerasan fisik dan mental, lebih lanjut perguruan tinggi dapat merujuk kepada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru.
  1. Bahwa mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat beradaptasi secara cepat, karena itu PKKMB yang dlaksanakan selama 4 hari dari tanggal 18 sd. 21 Agustus 2015 akan diberikan materi wajib antara lain Pengenalan Kehisupan Berbangsa dan Bernegara, Pendidikan Tinggi di Indonesia, Kegiatan Akademik di ISI Denpasar, Pengenalan Nilai Budaya dan Etika, Organisasi Kemahasiswaan, Layanan Mahasiswa, dan Persiapan Penyesuai Diri di Perguruan Tinggi.
  1. Penceramah/nara sumber terdiri dari dosen ISI Denpasar, dosen Unud, Polda Bali, dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali. Metode penyampaian ceramah, diskusi, dan pelatihan.  Setelah mengikuti PKKMB mahasiswa harus  mengetahui dan menjelaskan Visi dan Misi ISI Denpasar, mampu menyanyikan lagu Himne dan Mars ISI Denpasar. Pada PKKMB tahun ini mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan harus mampu menarikan atau mengiringi Pedel dan tari Kebesaran Ciwanataraja ISI Denpasar. Mahasiswa Fakultas Seni Rupa diwajibkan trampil menyeketsa.
  1. Pelatihan tersebut di atas akan dipertunjukkan pada penutupan PKKMB dan disajikan dalam Rapat Senat Terbuka dalam rangka Pengesahan mahasiswa baru tahun 2015 yang dirancanakan pada tanggal 1 September 2015. Sebelumnya pada tanggal 29 Agustus 2015 bagi mahasiswa baru yang beragama Hindu melaksanakan upacara Pawinetenan Saraswati di Pura Padma Nareswara ISI Denpasar.

Demikian laporan yang dapat kami sampaikan atas perhatian Bapak,Ibu dan Saudara sekalian kami sampaikan terimakasih. Sebelum diakhiri kami mohon Bapak Rektor berkenan membeikan sambutan dan membuka PKKMB ini secara resmi

Om Shanti Shanti Shanti Om

Pembantu Rektor III

Drs. I Wayan Gulendra,M.Sn

Comments are closed.